Serah Terima Mahasiswa KKN PLP Angkatan 47 FKIP UNMUL Ke SMA Istiqamah Muhammadiyah

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter

 

Dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman melaksanakan KKN terintegrasi, yaitu melaksanakan KKN bersamaan dengan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), sehingga diberi nama KKN PLP Tematik Terintegrasi. KKN FKIP termasuk kategori KKN tematik karena fokus pada satu tema yaitu tema pendidikan sesuai karakteristik FKIP.

Pembagian kelompok KKN PLP Terintegrasi FKIP Unmul dibentuk berdasarkan keberagaman progam studi, kekhususan program studi, lokasi tempat tinggal mahasiswa peserta terhadap sekolah, serta pilihan mahasiswa. Dengan demikian terbentuklah satu kelompok yang terdiri atas 6 mahasiswa, yaitu Ahmad Yusril (Bimbingan dan Konseling), Desy Novitalynda (Pendidikan Kimia), Nurmilah (Pendidikan Kimia), Rizki Darmawan (Pendidikan Biologi), Dicky Yudha Prastyo (Pendidikan Sejarah), dan Waim Husaini (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Keenam mahasiswa tersebut akan dibimbing oleh Muhammad Azmi, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan terbentuk menjadi kelompok 22 yang akan bertugas di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda.

SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda berdiri sejak tanggal 20 Desember 2018 merupakan sekolah yang bercita-cita untuk mewujudkan generasi khaira ummah (generasi terbaik) melalui dunia pendidikan. Seluruh potensi dan kemampuan dicurahkan untuk merealisasikan misi tersebut, dengan dukungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah serta Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah sehingga SMA Istiqmah tidak terlalu lama akan mewujudkan segala fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap. Dengan demikian, kedatangan mahasiswa KKN PLP Terintegrasi FKIP UNMUL ke SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda merupakan langkah yang tepat untuk saling memberikan kebermanfaatan. Tentunya dengan bimbingan oleh para guru pamong yang ditunjuk sekolah akan sangat membantu mahasiswa dalam menjalankan tugasnya selama KKN PLP yang berlangsung selama 2 bulan (11 Agustus – 11 Oktober).

 

Oleh: KKN PLP ’47 Kelompok 22 FKIP Universitas Mulawarman Samarinda