Persiapan Kedatangan Santri di Kampus 2, Mahasiswa KKN – PLP 47 Kelompok 22 FKIP UNMUL Melakukan Kerja Bakti Bersama Para Guru

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik itu dari lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Pada tanggal 16 Agustus  2021 adalah awal kami KKN-PLP untuk pertama kali dan itu merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami, pada hari itu kita membersihkan salah satu ruangan yang diberikan kepada kami untuk beristirahat sekaligus untuk kami berdiskusi mengenai program kerja kami serta untuk rapat bersama Guru SMA Istiqamah Muhammadiyah, mulai dari halaman luar ruangan, samping ruangan, wastafel, dan didalam ruangan kita bersihkan demi kenyamanan bersama, setelah itu kami membagi piket kepada teman teman sebanyak 2 kali seminggu untuk 1 orang membersihkan ruangan. Pembagian piket menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda tergolong SMA yang masih baru (berdiri pada tahun 2018) terus mengembangkan lingkungan kampusnya. Mendapat hibah tanah dari seorang dermawan dengan kisaran ± 7 Ha  berlokasi di JI. Batu Indah, Batu Besaung Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Tanah tersebut menjadi tempat dibangunnya kampus 2 SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda.

Tanggal 4 September 2021 kami mahasiswa KKN-PLP 47 kelompok 22 FKIP Unmul diberikan kesempatan untuk mengunjungi kampus 2 yang hingga saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Disana telah terdapat gedung yang berdiri dan dapat menampung santri untuk melakukan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dengan konsep belajar villa yang menyatu dengan alam. Memanfaatkan waktu berkunjung tersebut, kami melakukan kerja bakti bersama para guru dan staff SMA Istiqamah Muhammadiyah. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan Bersih-Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan Mahasiswa, murid dan guru juga bisa semakin akrab. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah bersama-sama adalah sebuah keindahan dan kesehatan, dimana jika lingkungan disekolah kita bersih tidak hanya indah tapi kesehatan juga yang kita dapat, karena jika sudah menyangkut kepada kesehatan kita itu merupakan suatu kebutuhan bagi kita sendiri, dimana kebersihan sangatlah penting bagi tubuh kita, maka dari itu tingkatkan kebersihan di lingkungan sekolah, kelas dan halaman sekolah. Dan seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan juga merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain lain, yang dapat merugikan kita semuanya.

Maka dari itu kita bersama-sama baik guru dan siswa dan juga kami Mahasiswa KKN-PLP Unmul Kelompok 22 menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kelas. Karena tanpa lingkungan yang bersih kita bisa menderita dikarnakan kurang bersihnya lingkungan sekolah dan kelas. Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus di olah dengan baik . Lingkungan yang kotor berarti pengganggu kesehatan yang juga berarti membuat sebuat penyakit yang disengaja. Namun segala sesuatu ada perubahannya hanya saja dalam segala persoalan, semua ini tidak dapat dijalankan tanpa sebuah kesadaran dari diri kita sendiri, baik guru maupun siswa.

Kebersihan adalah tanda kalau kita memiliki perhatian lebih kepada kebaikan