Melalui Pojok Literasi Mahasiswa KKN-PLP 47 FKIP UNMUL Serta Didukung Juga Oleh Wakil Gubernur Kaltim

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter

Dalam rangka meningkatkan minat membaca siswa SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda melalui pojok literasi maka mahasiswa KKN – PLP FKIP UNMUL 47 menyerahkan bantuan buku-buku dari para donatur hasil “Open Donasi Buku” ke pihak sekolah pada hari Jumat Tanggal 24 September 2021. Dengan juga berangkatnya dari permasalahan bahwa minat literasi di Indonesia pada saat ini masih sangat rendah yaitu pada urutan 62 di dunia, ini merupakan salah satu langkah awal dalam mendukung agar minta literasi Indonesia menjadi lebih baik, oleh karena itu maka melalui program kerja KKN mahasiswa melakukan “Open Donasi Buku” mulai dari tanggal 1 September 2021 hingga berakhirnya KKN – PLP FKIP UNMUL yaitu tanggal 11 Oktober 2021. Adapun kriteria buku-buku meliputi buku pengetahuan alam, buku kumpulan doa-doa, buku fiqih,  atlas, kamus, ensiklopedia islam, novel/dongeng, dan berupa dana untuk pembelian buku baru.

 

Hal ini bertujuan untuk memperluas khazanah keilmuan siswa, tidak hanya pada ilmu keagamaan namun lebih komprehensif dalam ilmu-ilmu pengetahuan bidang lainnya. Sehingga menjadikan siswa atau santri SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda menjadi pelajar yang unggul di bidang agama dan ilmu pegetahuan umum. Konsep pojok literasi yang dibangun oleh mahasiswa ini diibaratkan proses menjemput bola yang artinya mendekatkan buku bacaan kepada para siswa dengan memanfaatkan setiap sudut kelas agar terisi buku-buku yang menarik juga terbaru. Konsep rak buku juga dibuat menarik seperti pemberian kata-kata motivasi yang tertempel di rak dan juga “motivation jar” yang berisi berbagai macam motivasi.

Antusiasme masyarakat Kota Samarinda terhadap kegiatan ini didapatkan melalui penyebaran informasi “Open Donasi Buku” di media sosial kami serta juga dari mulut-ke mulut. Hal ini terbukti karena dari berbagai kalangan juga lapisan masyarakat ikut meramaikan yaitu mulai dari Wakil Gubernur Kaltim Bapak H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si, Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP UNMUL Dr. Christie Stephanie, S.E, M.Pd, Mahasiswa Pendidikan Sejarah 2020 FKIP UNMUL Olfia Ovia, dan donatur lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Kami sebagai mahasiswa mewakili para donatur berharap program yang kami buat ini sebagai salah satu langkah kecil dalam memperbaiki tingkat literasi masyarkat Indonesia khususnya di SMA Istiqamah Muhammadiyah agar lebih baik lagi. Selain itu juga dapat membentuk karakter sejak dini para siswa atau santri untuk gemar akan literasi kemudian dapat berperan dalam mambangun Indonesia yang maju kedepannya.